Maha Karya Cipta Muhammad Alzibilla... aku menemukan eksistensiku dalam tekananku,tertekan dalam segala arah membuat eksistensi menari begitu indah

Term Of Referens ( TOR ) FORMAKAB PEDULI

Posted by Muhammad Alzibilla On Minggu, 13 Februari 2011 0 komentar

TERM OF REFERENS ( TOR )
GERAKAN KREATIFITAS PELAJAR
FORUM MAHASISWA KABUPATEN BANDUNG


Dasar Pemikiran
     

Kebangkitan setiap umat dan bangsa tidak bisa lepas dari peran pemuda yang ada di dalamnya. Reformasi dan revolusi di berbagai negara selalu dimulai dari adanya gerakan-gerakan yang dilakukan pemuda, termasuk reformasi yang bergulir di negara kita. Realita sejarah kita pun telah membuktikan peran pemuda yang dominan dalam pencapaian kemerdekaan. Sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 menjadi sebuah tonggak sejarah kebangkitan pemuda dalam mempertahankan negara ini.
Mengingat pentingnya pemuda, pemuda dipandang sebagai ‘juru kunci’ yang dapat menyelamatkan bangsa ini dari kebobrokannya. Namun dibalik pentingnya peran pemuda, pemuda berstatus pelajar masih belum mampu mengemban tugas berat itu. Ke-remajaan mereka membuat mereka tidak bisa lepas dari perkembangannya sebagai manusia biasa. Meminjam istilah Erikson, dalam perkembangannya remaja sering ditandai dengan identity crisis, dimana mereka mengalami kebingungan mengenai dirinya sendiri. Maka remaja akan berusaha untuk mencari, mencoba bahkan mencontoh begitu saja untuk mengatasi kebingungan akan identitasnya.
Hari ini, kita dihadapkan pada masalah sosial baru yang mengerikan dari remaja-remaja terpelajar di kabupaten Bandung. Kita sebut saja munculnya geng motor dengan ulahnya yang anarkis, tawuran pelajar, yang terkini penyiksaan sadis oleh pelajar perempuan, penggunaan narkoba, pencurian, bahkan seks bebas. Suatu pemandangan ironis terhadap ‘juru kunci’ yang dapat menyelamatkan bangsa ini. Bukannya tidak mungkin kehilangan generasi harapan bangsa (lost generations of change).
  Pendidikan menjadi hal yang penting dalam menyelamatkan remaja, dalam proses belajar merupakan proses adaptasi yang berlangsung secara progresif, kearah yang positif (B.F. Skiner). Pendidikan sekolah khususnya tidakhanya berperan dalam usaha pemuasan terhadap dorongan curiousity atau rasa ingin tahu pelajar. Tetapi lebih dari itu, adanya transfer nilai moral yang berarti, sehingga remaja tidak salah kaprah dalam pergaulan. Sedangkan system pendidikan yang ada pada pelaksanaannya belum mampu menjawab berbagai persoalan sosial yang ditimbulkan.
Mau tidak mau, harus diadakan gerakan massif untuk mengembalikan dan menjaga jati diti remaja. Gerakan yang dapat mewadahi daya imajinasi, daya kreasi, dan rasa semangat untuk berbuat. Gerakan yang dapat memenuhi kebutuhan perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor. Gerakan yang bukan hanya menyentuh aspek kesadaran, tetapi lebih dari itu membuat remaja tergerak untuk berbuat.
Menjawab semua persoalan tersebut kiranya, pelajar perlu diberikan laluan seperti ajang kreativitas, sebagai salah satu solusi dari sekian banyak kegiatan yang bermanfaat. Pelajar memiliki banyak potensi yang belum teraktivasi untuk menjadi luar biasa. Kreativitas yang dimiliki pelajar pada dasarnya diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan rasa estetik dan artistic sehingga terbentuk sikap kritis, apresiatif dan kreatif pada diri pelajar secara menyeluruh. Sikap ini hanya akan tumbuh jika dilakukan serangkaian proses kegiatan kepada pelajar yang meliputi pengamatan, penilaian serta penumbuhan rasa memiliki keterlibatan pelajar dalam segala aktivitas seni diluar sekolah. Di samping itu juga untuk mempererat tali persaudaraan sehingga lahir rasa nasionalisme yang tinggi di dalam sanubari pelajar.
Berangkat dari keprihatinan terhadap kondisi pelajar hari ini dan niat baik, Formakab yang terdiri dari mahasiswa – mahasiswa yang berasal dari kabupaten Bandung bekerja sama dengan Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung serta KPJ Bandung Timur tergugah dan peduli akan kondisi kabupaten Bandung untuk itu dengan kesadaran kritis kami membuat kegiatan  pembinaan dan pengembangan bakat karena merupakan hasil karya bersama dan rasa kebersamaan segenap pelajar.

Tanpa kesadaran kegotongroyongan semua unsur, sulit untuk mengembangkan bangsa ini, bahkan hanya sekedar untuk mempertahankan.
Landasan Kegiatan



·         Pancasila
·         AD/ART  FORMAKAB
·         Program tahunan FORMAKAB
·         SK Dirjen tentang PUOK (Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan)
·         SK Rektor tentang POK Pedoman Organisasi Kemahasiswaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Nama Kegiatan




“GERAKAN KREATIFITAS PELAJAR”
Memelihara Stabilitas Kehidupan Masyarakat yang Aman, Tertib, Tentram dan Dinamis
Tema Kegiatan




“LEARN TO LIVE TOGETHER”
Belajar untuk dapat hidup bersama, artinya setiap pendidikan seharusnya mengajarkan kepada setiap anggota masyarakat untuk menghargai kemajemukan dan membekali mereka dengan kemampuan untuk bisa hidup rukun sebagai manusia. Disamping itu kegiatan ini akan bisa menjadi sebuah jembatan yang akan bermuara dengan lahirnya ide dan gagasan-gagasan yang genius tentunya. Lebih jauh kegiatan GERAKAN KREATIFITAS PELAJAR ini bisa memperkuat persatuan dan kesatuan dan saling kenal satu sama lainnya di antara pelajar beserta masyarakat kabupaten bandung.
Maksud dan Tujuan Kegiatan




Gerakan Kreatifitas  pelajar  ini memiliki maksud dan tujuan, yakni sebagai berikut:
1.       Menjadikan ajang kreativitas bagi pelajar sebagai salah satu mata rantai pergaulan kehidupan yang berbudaya dalam berbagai perspektif dan visi pendidikan secara umum.
2.       Pelajar menyadari nilai-nilai moralitas dan potensi yang dimilikinya sehingga dapat mengembangkan diri ke arah yang posistif dan produktif.
3.       Pelajar menyadari pentingnya hukum dan dapat mentaati hukum atau aturan yang berlaku, sehingga tidak terlibat dalam aksi anarkis maupun kriminal.
4.       Menciptakan hubungan kerjasama dikalangan pelajar dan mahasiswa secara individual maupun antar sekolah yang ada di kabupaten bandung dengan masyarakat dan pemerintah.
5.       Dengan realisasi dari Gerakan kreatifitas Pelajar kita mengharapkan pula suatu pengembangan dalam bentuk berbagai kreatifitas lainnya, yang bisa diwujudkan kepada bidang-bidang kreativitas lainnya seperti Forum Teater Pelajar, Forum kerja OSIS dan lainnya, yang mungkin akan menjadi acara tahunan bagi pelajar se-kabupaten bandung untuk peduli dan peka terhadap kondisi ke daerahan.





Materi Kegiatan




Gerakan Kreatifitas Pelajar  akan menyajikan berbagai khasanah dan bentuk ekspresi gerakan kreatifitas, antara lain:
1.    Gerakan Anti Vandalisme
Gerakan ini di lakukan oleh seluruh panitia dengan melibatkan beberapa sekolah dan Karang Taruna di Kabupaten Bandung.
Tujuan dari gerakan anti vandalisme ialah melakukan gerakan penghapusan coretan- coretan di dinding-dinding jalan atau bangunan yang terletak setiap pinggir jalan dengan mengecat kembali coretan yang bertuliskan Gengster.
Dilaksanakan bertepatan saat tahun baru dengan harapan tahun-tahun ke depan tidak lagi ada aksi vandalisme yang tidak bertanggung jawab.
2.    Roadshow Gerakan Penyuluhan Hukum
“Memahami dan Mentaati Hukum,
Re Generasi Pemuda ber-etika
Penyuluhan ini dilakukan secara roadshow ke sekolah-sekolah, khususnya SMAN se-kabupaten Bandung untuk mengkampanyekan anti gangster pada pelajar.  Menghadirkan pembicara yang ahli dibidangnya seperti Kejari Bale Bandung, Kepala Polres Bandung, Kepala Dinas Pendidikan dan Psikolog.
Penyuluhan ini diikuti oleh seluruh siswa di sekolah yang kami kunjungi, selain penyuluhan mengenai hukum acara ini dimeriahkan oleh performance dari KPJ dan diakhiri dengan pengangkatan duta gerakan anti gangster dan deklarasi seluruh pelajar.
3.    Gerakan Menulis Cerpen, Puisi dan Film Dokumenter
Kegiatan ini berupa lomba menulis cerpen, puisi maupun membuat film dokumenter antar pelajar se-kabupaten Bandung. Lima belas karya terbaik kategori cerpen dan puisi akan dibukukan (dicetak) untuk memperkaya bahan bacaan di perpustakaan sekolah-sekolah.
a.   Tema Puisi :
“ Renungan & refleksi ke-daerah-an“
b.   Tema Cerpen           :
“Kabupaten Bandung sebagai ‘impian menuju kenyataan’ milikku milikmu milik kita ”
c.   Tema Film Dokumenter        :
Kabupaten yang religius, cultural, kerta raharja dan sabilulungan antara bencana dan solusi“
Ajang ini memperebutkan Tropi Bupati Kabupaten Bandung dan uang pembinaan.

4.    Gerakan Musikalitas Anti Gengster
Tema        : “ lyric musik perubahan anti anarkis menuju pelajar kreatif”
Pentas musik anti gangster dilakukan oleh antar pelajar yang akandi ikuti pelajar dari kabupaten Bandung.
Tujuan dari pentas musik anti gangster ini adalah untuk memberikan penyadaran terhadap para pelajar khususnya, umumnya untuk para generasi muda lainnya. Lagu- lagu yang dibawakan oleh para pelajar delegasi sekolah ialah lagu-lagu hasil cipta karya masing-masing pelajar yang di delegasikan dari sekolah, dimana pentas music anti gangster untuk mendukung pemberantasan gangster yang ada di kabupaten bandung yang dilakukan oleh para remaja yang tidak bertanggung jawab. Disinilah para pelajar menyampaikan aspirasi dan dukungannya lewat lirik lagu yang di buat oleh masing-masing delegasi.
Lirik lagu hasil karya pelajar yang menjadi peserta akan di ambil 10 lirik lagu terbaik hasil karangan para pelajar dan akan dibuat rekaman oleh panitia bekerjasama dengan slah satu perusahaan rekaman.
Bintang Tamu :  Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) Bandung Timur, Kelompok Topeng, Rudy U’camp, Andre Lohnes
5. Pengobatan Gratis & Therapy Trauma Healing
Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan perasaan empati dari semua kalangan terhadap korban banjir di Bale Endah dan Dayeuh Kolot kabupaten Bandung. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat yang membutuhkan. Pengobatan gratis dan bakti sosial ini melibatkan instansi pemerintah maupun swasta.
6. Khitanan Masal dan Sisingaan
Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat,   khususnya bagi mereka yang kurang mampu mengkhitan putranya. Harapan kami, kegiatan ini dapat member manfaat jangka panjang bagi masyarakat yang mengikutinya. Selain itu, kami berharap dapat member kebahagiaan bagi putra-putra kabupaten Bandung yang mengikuti khitanan msal tersebut dengan mengikuti arak-arakan sisingaan sebagai kebanggan budaya sunda.
7. Gerak Jalan Santai
Kegiatan ini dilakukan sebagai puncak acara rangkaian kegiatan yang kami lakukan. Kegiatan ini dilakukan  untuk menyambut hari jadi kabupatrn Bandung yang jatuh pada bulan April. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kecintaan terhadap kabupaten Bandung.

Peserta Kegiatan




Peserta dari kegiatan Gerakan Kreatifitas Pelajar ini adalah 1000 pelajar Sekolah Menengah Atas dan sederajat dari berbagai kecamatan di kabupaten Bandung.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan




No
Kegiatan
Waktu
Tempat
1.
Gerakan Anti Vandalisme
01-01-2011
Tugu Batas Kota
2.
Pemeriksaan Tulang dan Therapy Trauma Healing
13-01-2011
Kecamatan Bojongsoang
3.
Roadshow Penyuluhan Hukum
Kondisional
SMAN se- kab. Bandung
4.
Gerakan menulis Cerpen, Puisi dan Film Dokumenter dan
Musikalitas Anti Gengster
27-02-2011
Lapangan Alun-alun Soreang
5.
Khitanan Masal
05-03-2011
Kecamatan Bojong Soang
6.
Gerak Jalan Santai se-Kecamatana Bojong Soang
06-03-2011
Kecamatan Bojong soang

Sumber Dana

                                                                             

Adapun sumber dana dalam kegiatan Gerakan Kreatifitas Pelajar ini:
·         Hasil pengumpulan dana mahasiswa kebupaten Bandung
·         Dana Kemahasiswaan SMF Psikologi UIN SGD Bandung
·         Kontribusi Panitia dan peserta
·         Sumbangan halal yang tidak mengikat

Penutup




Demikianlah uraian pemikiran, visi dan sejumlah konsep yang kami sampaikan, partisipasi berbagai pihak sangat kami harapkan untuk terselenggaranya kegiatan ini dengan baik dan lancar, kami berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat memberi kontribusi yang berarti bagi pembangunan Kabupaten Bandung. Hal-hal yang dianggap perlu dan belum tercantum dalam proposal akan diatur kemudian.
Bandung, 10 Januari 2011
                                                                        Panitia   “Gerakan Kreativitas pelajar”
FORUM MAHASISWA KABUPATEN BANDUNG (FORMAKAB) BANDUNG


Sterring Commite



Muhammad Alzibilla
















Lampiran 1
SUSUNAN ACARA
Sabtu, 1 Januari 2011 (Gerakan Anti Vandalisme)
No
Waktu
Agenda Acara
Keterangan
PJ
1.
07.00-08.00
Pengkondisian peserta
Peserta dikondisikan dan pembagian panitia di depan kampus UIN

2.
08.00-08.30
Kampanye anti Vandalisme dan anti gangster
Peserta berpegangan tangan mengelilingi bunderan cibiru, di empat penjuru jalan kampanye anti vandalisme dan anti gangster sekaligus pembagian leaflet.

3.
08.30-12.00
Pembersihan 
Kelompok yang sudah dibagi oleh panitia diberi peralatan mulai bergerak untuk menghapus coretan di dinding. Sebelumnya, camat setempat menghapus secara simbolis.

4.
12.00-selesai
Penutup
Setelah selesai, gerakan ini ditutup dengan penyerahan plakat pada komunitas yang ikut berpartisipasi.


Kamis, 13 Januari 2011
(Pemeriksaan Tulang dan Pemberian Sembako)
No
Waktu
Agenda Acara
Keterangan
PJ
1.
08.00-09.00
Pengkondisian peserta
Peserta dikondisikan, mengisi kupon yang disediakan, panitia siap di depan kecamatan Bojong Soang

2.
09.00-09.30
Opening ceremony:
·  Sambutan OC
·  Sambutan SMF
·  Sambutan Formakab
·  Sambutan Kecamatan
Peserta sebelum dibagi kupon berkumpul di depan kantor kecamatan.

3.
09.30-12.00
Pemeriksaan tulang gratis dan Therapy Taruma Healing
Kegiatan tersebut dipisah, untuk pengobatan gratis dilakukan di dalam kantor kecamatan sedangkan untuk therapy trauma healing dilakukan di luar, adapun terapi yang dilakukan adalah music therapy-kasundaan dari KPJ

3.
12.00-13.00
Istirahat
Seluruh kru beristirahat dan Sholat dhuhur

4.
13.00-15.00
Lanjut pemeriksaan tulang
Performance dari Riksa

4.
15.00-selesai
Penutup
Setelah selesai, gerakan ini ditutup dengan penyerahan sembako secara simbolis pada kecamatan Bojong soang


Akhir Januari 2011
 (Roadshow ke SMAN se-Kabupaten Bandung)
No
Waktu
Agenda Acara
Keterangan
PJ
1.
07.00-08.00
Pengkondisian pelajar
Dengan pihak sekolah pelajar dikumpulkan di tempat yang disiapkan, pemutaran slide tentang remaja dan lagu

2.
08.00-08.30
Pembukaan:
·   MC
·   Tilawah
·   Sambutan OC
·   Sambutan Skull

Sebelumnya mc melakukan ice breaking untuk mencairkan suasana

3.
08.30-10.30
Pemaparan materi
Menggunakan power poin dan dibuat secair mungkin

4.
10.30-11.15
Tanya jawab
Dipandu oleh mc/ moderator

5.
11.15-11.30
Pengangkatan duta anti gangster dan deklarasi
Teks deklarasi diperlihatkan di power point

6.
11.30-12.00
Performance KPJ
Penampilan akustik KPJ

7.
12.00-12.05
Penutupan 
Dilakukan olh MC


27 Februari 2011
 (Gerakan Menulis Puisi, Cerpen, Film Dokumenter dan Gerakan Musikalitas Anti Gengster)
No
Waktu
Agenda Acara
Keterangan
PJ
1.
07.00-08.00
Pengkondisian peserta dan penonton
Untuk mengumpulkan peserta, performance dari MOKA Bandung

2.
08.00-09.00
Pembukaan:
·   MC
·   Tilawah
·   Sambutan OC
·   Sambutan Formakab/ SMF Psi
·   Sambutan Camat setempat
·   Sambutan Bupati

Para pengisi sambutan telah ada di tempatnya. Bupati memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara simbolis


3.
09.00-12.00
Performance Peserta
Setiap peserta band mendapat kesempatan untuk tampil selama 20 menit 2 lagu (1 lagu bebas, 1 lagu ciptaan sendiri)

4.
12.00-13.00
Istirahat
Seluruh panitia dan peserta beristirahat, sholat dan makan

5.
13.00-15.30
Performance peserta
Melanjutkan penampilan sebelumnya

6.
15.30-16.00
Istirahat
Seluruh panitia dan peseta istirahat sholat ashar

7.
16.00-17.30
Penutupan:
·   MC
·   Tilawah
·   Sambutan OC
·   Sambutan Formakab/ SMF Psi
·   Sambutan Camat setempat
Sambutan Bupati

Para pengisi sambutan telah ada di tempatnya.
Sebelum ditutup pengumuman pemenang masing-masing kategori. Bupati memberikan sambutan sekaligus menutup acara secara simbolis.


7.
17.30-18.30
Istirahat sholat magrib 
Dilakukan olh MC

8.
18.30- selesai
Penampilan bintang tamu
Di atur oleh mc










Sabtu, 5 Maret 2011 (Sunatan Masal)
No
Waktu
Agenda Acara
Keterangan
PJ
1.
06.30-07.00
Pengkondisian peserta
Peserta dikondisikan dan pembagian panitia di depan kecamatan Bojong Soang

2.
07.00- 07.30
Opening Ceremony:
·    Sambutan OC
·    Sambutan Formakab
·    Sambutan Kecamatan
Peserta berbaris didepan kantor kecamatan, sama-sama mendengarkan sambutan-sambutan. Opening ceremony ditandai dengan pelepasan merpati dalan kendi.

3.
08.00-11.00
Arak-arakan Peserta Khitan dg Sisingaan 
Peserta diarak dengan sisingaan beserta panitia dan keluarga peserta mengambil rute jalan raya bojongsoang.

4.
11.00-selesai
Khitanan
 &
Penutupan
Setelah selesai, peserta diberi bingkisan langsung oleh camat setempat dan tokoh masyarakat.


Minggu, 6 Maret 2011 (Gerak jalan Santai)
No
Waktu
Agenda Acara
Keterangan
PJ
1.
07.00-07.30
Pengkondisian peserta
Peserta dikondisikan dan pembagian panitia di depan kecamatan Bojong Soang

2.
07.30- 08.00
Opening Ceremony:
·    Pelepasan Peserta oleh camat
Peserta berbaris didepan kantor kecamatan, sama-sama mendengarkan sambutan-sambutan. Opening ceremony ditandai dengan pelepasan merpati dalan kendi.

3.
08.00-11.00
Gerak jalan Santai 
Peserta melakukan gerak jalan santai bersama sejauh 5 kilometer, start dari kantor kecamatan dan finish (kembali) di depan kantor kecamatan

4.
11.00-selesai
Penutup
Setelah selesai, gerakan ini ditutup dengan pembagian hadiah-hadiah undian dan hiburan.



0 komentar: